PERTEMUAN 6

 Nama     : Amalia Desta Ramanada 

Nim         : 20200311009 (KJ001)



LAPORAN KEGIATAN SEMINAR

“MENUJU SEJUTA SERTIFIKASI HALAL GRATIS BAGI UMKM”

UMKM LOKAL BERDAYA SAING GLOBAL DENGAN DIGITAL DAN KEBIJAKAN UNTUK UMKM DAN IMPLEMENTASINYA

 

Kegiatan webinar yang dilakukan pada tanggal 28 Oktober 2021, yang dilaksanakan dengan offline dan online dengan jumlah perserta 1700 partisipasi yang dihadiri oleh masyarakat, pengusaha dan mahasiwa yang ikut menghadiri acara tersebut. Pada acara ini didukung oleh PPUMI, Kemen KopUKM, ISEF,BPUPH, dan masih banyak lagi.

 

A.     Kegiatan sesi 1

1.       Peran BI Dalam Peningkatan Akses Keuangan UMKM

 Pemateri : Ibu Yunita Resmi Sari; KDP UMKM BI

 

a.       Peran Strategi UMKM

Pada UMKM memiliki peran yang diguanakan sebagai sumber pertumbuhan perekonomian di negara kita. Di Indonesia sendiri memiliki beberapa tantangan seperti yang kita ketahui terbatasnya akses pembayaan, kesipan digital, akses pemasaran. Untuk perannya UMKM di Indonesia :

-          Konstribusi terhadap PDB

-          Konstribusi pada pasar tenaga kerja dan ekspor

b.       Tantangan Pengembangan UMKM

Tantangan di tahun ini terjadinya pandemi covid –19 yang pastinya berdampak kepada sektor UMKM di Indonesia, sehingga banyak pengusaha sekitar 28% yang melakukan penjualan online. Hanya 22,05% yang tidak terkena dampak dari pandemi dan 18% UMKM menunjukan peningkatan.

Pada sektor usaha

-          Pertanian sekitar 14,46%

-          Industri pengolahan sekitar 35,04%

-          Perdagangan sekitar 33,76%

c.       Framework Pengembangan UMKM

Pada rendahnya keadmistrasian UMKM menyebabkan terjadinya assymetric information yang akan mempengaruhi keuangan perusahan keluar masuknya kebutuhan.

Pelaku usaha UMKM

-          Kesadaran pencatatan keuangan yang rendah

-          Pencatatan keuangan yang dianggap sulit

-          Terdapat literasi keuangan yang masih rendah

Adapun dampak yang akan terjadi seperti :

-          Tidak ada memisahkan PTK pribadi dengan usaha

-          UMKM tidak dapat memenuhi standar pelaporan keuangan yang lazim digunakan untuk memperoleh pembiayaan perbankan

-          UMKM tidak dapat meningkatkan usaha

Terdapat lembaga keuangan

Adanya assymetric information, sehingga perbankn atau lembaga keuangan tidak mengetahui track record keuangan pelaku usaha UMKM. Sehingga terjadi dampaknya seperti

-          Perbankan atau lembaga keuangan tidak memiliki informasi yang cukup terhadap UMKM

-          Penyaluran kredit UMKM tidak optimal

Sehingga perlunya pencatatan transaksi keuangan oleh UMKM yang menghasilkan Laporan keuangan UMKM untuk mengetahui track reord pelaku secara individual.

Fungsi Laporan keuangan

-          Memisahkan keuangan pribadi dengan usaha

-          Mengetahui aset atau kekayaan usaha

-          Mengetahui keuntungan dan kerugian dari usaha

-          Dapat mengevaluasi kinerja dan merencanakan untuk ekspansi usaha

-          Mengetahui sebagaimana tingkat efesinsi usaha

Pemanfaatan Laporan Keuangan UMKM

-          Untuk mengajukan kredit ke lembaga keuangan

-          Informasi untuk calon mitra bisnis

-          Pengurusan perizinan atau setifikasi sertifikat usaha.

Didalam buku ada beberapa hal yang untuk di catat di buku keuangan :

Pencatatan Transaksi Keuangan

-          Buku Pembantu:

·         Buku Kas

·         Buku Utang

·         Buku Bank

·         Buku Persediaan

·         Buku Ternak

·         Buku Inventaris

Proses Akuntansi

-          Proses Akuntansi

·         Jurnal

·         Buku Besar

·         Neraca Saldo

·         Penyesuaian

Penysuanan Laporan Keuangan

-          Laporan Keuangan

·         Neraca

·         Laba Rugi

·         Perubahan Modal

·         Arus Kas

Pencatatan keuangan yang harus dilakukan secara manual relatif kurang efesien sehingga dibutuhkan tools untuk pencatatan keuangan yang mampu menghasilkan laporan keuangan yang komprehensif.

 

2.       Jaringan Dan Pemasaran Digital

    Pemateri : Bapak Darma; Telkomsel 

Dengan adanya pandemi di masa ini tentu saja menjadi faktor utama yang menyebabkan sektor UMKM turun drastis hingga 50% dari UMKM di Indonesia. Namun dibalik itu ada juga kenaikan di peningkatan belanja kebutuhan rumah tangga, peningkatan belanja bidang kecantikan atau skincare dan fashion. Tetapi ada beberapa masalahnya yaitu pada konsumen yang berpindah adanya digital. Solusi agar tetap meningkat yaitu terdapat dalam teknik pemasaran, mungkin dulu medianya melalu media masa koran majalah dan hal tersebut sudah jarang digunakan karna pada zaman atau masa saat ini adanya kemajuan zaman di bidang teknologi, sehingga UMKM harus mengikuti perkembangan zaman untuk tetap berjualan atau berusaha secara online. Misalnya bisa melalu aplikasi yang telah di sediakan : SHOPPI, BLIBLI.com, TOKOPEDIA dan masih banyaklagi atau bahkan bisa melalui WEBSAIT sosmed kita seperti membuat konten marketing, bender, sehingga dapat menarik pembeli.

Adapun alur pemesanan digital

-          Perencanaan

-          Menarik konsumen

-          Meyakinkan konsumen

-          Keputusan konsumen

-          Rekomendasi konsumen

Kita sebagai penjual harus bisa membuat kostumer tertarik dengan menawarkan barang yang kita rekomendasikan :

-          Kostemer yang puas akan meningkatkan kepercaayaan

-          Akan terjadi repeat order dan menjadi pelanggan

-          Promisi dari pelanggan ke pelanggan lain.

 

3.       Kegiatan sesi III

Teten Masduki; Mentri Koperasi &UMKM Republik Indonesia.

 Pemateri : Bpak Agus M

    Riset dari mikensi menyebutkan jika perempuan dapat berkontribusi di dalam perekonomian maka perekonomian global akan mendaptakan manfaat sebesar 12 triliun US dollar ditahun 2025.Dalam upaya peningkatan kapasitas produksi makanan dan minuman halal hingga terbitnya sertifikasi halal menginisiasi program sertifikasi halal tanpa biaya bagi usaha mikro dan kecil, penguatan kapasitas pelaku UMKM melalui modal lewat LPDB Syariah, pelatihan pemasaran pendampingan penyelia halal. Menjaring UMKM dengan calon pembeli potensial dan fasilitasi pembiayaan oleh bank. Kemudian menggalang komiten, dukungan dan sinergi program peningkatan kualitas dan kuantitas produk UMKM melalui pembangunan halal senter.

Kedepan koperasi dan UMKM diarahkan untuk melakukan 4 tranformasi besar yaitu:

 

-                      Tranformasi dari informal ke formal;

 

-                      Transformasi ke digital dan pemanfaatan teknologi

 

-                       Transformasi ke rantai nilai;

 

-                      Moderensasi koperasi.

 

    Memastikan 40% pengadaan barang dan jaga pemerintah pusat dan daerah untuk menyerap produk produk koperasi dan UMKM. 30% infrastruktur publik bagi ruang usaha UMKM. Misalnya di pelabuhan, di bandara, di terminal, di stasiun, di rest area, dsb.

 

    Kemudian medorong kemitraan UMKM dengan usaha besar. Dalam kemitraan dengan usaha besar dalam konsep rantai pasok industry nasional maupun global ingin UMKM Indonesia kedepannya mulai masuk dengan produk-produk yang berbasis keatifitas dan inovasi teknologi supaya UMKM menjadi bagian dari industri. Pengembangan koperasi modern juga menjadi prioritas karena ingin keperasi menghidupkan ekosistem usaha yang sehat, terhubung daru hulu ke hilir, adanya akses pembiayaan dan akses opteker dan penguatan teknologi.

 

4.       Kesimpulan

Dari materi diatas kita dapat tarik kesimpulan di masa pandemi ini banyak perusahan yang beralih ke masa digital sehingga, masyarakat di zaman ini dituntut harus memahami cara berbisnis di masa digital. Dengan melakukan proses awal membuat akun pemasaran, teknik marketing hingga menarik konsumen dan menjadikan top 5 barang yang akan di rekomendasikan kepada pembeli. Maka dari itu para UMKM indonesia harus siap bersaing dengan meningkatkan pemasaran dengan mengikuti jaman, yaitu kita sebut era digital.

 

5.       Saran

Memahami dasar penjualan online dahulu agar lebih mudah dalam berproses selanjutnya.



 






Gambar I Ibu Yunita Resmi Sari; KDP UMKM BI


Gambar II Bapak Darma; Telkomsel

  Gambar III  Bpak Agus M

Demikian laporan singkat saya kurang lebih nya mohon maaf apa bila ada terjadi kesalahan dalam kalimat saya. 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUANGAN DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI YAAA. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS ANALISA SWOT - SABUN -

🍰 OREO DESSERT CAKE 🍰

DESSRET OREO –