DESSRET OREO –

 

-          DESSRET OREO –

 

A.    PENDAHULUAN

 

a.       Pengertian BMC

Business model canvas merupakan gambaran hubungan antara keunggulan dan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, serta dalam kegiatan – kegiatan yang dilakukan untuk mengakuisisi dan menciptakan nilai, yang membuat perusahaan mampu menghasilkan laba. Didalam perushaan terdapat kombinasi dari produk, pelayanan, citra, distfibusu, sumber daya serta infrastruktur. Kedepannya bisnis model akan menjadi bahasa umum bagi para pelaku usaha dalam berinteraksi dengan mitranya serta akan menjadi pedoman membangun keunggulan kompetitif sebuah bisnis. Pada manfaat bisnis model tersebut adalah :

-          Berhubungan dengan komponen komponen yang ada, model bisnis mempermudah  para perencana dan pengambilan keputusan di perusahaan untuk melihat hubungan logis antara komponen – komponen dalam bisnisnya.

-          Model biasanya digunakan untuk membantuk menguji konsistensi hubungan antar komponennya.

-          Model bisnis dapat digunakan untuk membantu menguji pasar dan asumsi yang digunakan mengembangkan bisnis.

Model bisnis kanvas digambarkan melalui 9 blok bangunan dasar yang menunjukan logika bagaimana sebuah perusahaan bermaksud untuk menghasilkan uang. Dengan 9  blok ini mencangkup 4 bida utama bisnis yaitu pelanggan, penawaranm infastruktur, dan kelayakan keuangan. BMC-2  dikelompokan ke dalam 2 kategori, yaitu feasibility dan viability. Feasibility merupakan elemen-elemen yang menentukan apakah suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan keuntungan, yang terdiri dari elemen sumber daya utama, aktivitas kunci, dan kemitraan utama. Viability merupakan elemen yang menentukan apakah suatu perusahaan dapat bertahan dalam jangka waktu panjang yang meliputi elemen struktur biaya dan arus pendapatan.

BMC 1 dan BMC 2 menjadi fokus dari seorang wirausaha agar bisa membangun suatu usaha yang nantinya dapat berjalan dengan lancar. Yang dimana usaha tersebut akan terus berjalan memenuhu kebutuhan konsumen. perbedaan BMC 1 yaitu, memfokuskan bagi seorang wirausaha yang baru dalam memulai suatu bisnis sedangkan BMC 2 yaitu, untuk seorang wirausaha untuk terus menjalankan dan mempertahankan bisnis yang dijalankan.

 

 

 

 

b.      Langkah – Langkah

Adapun sembilan elemen seperti :

1.      Customer Segments    : mengorganisasikan dan menentukan melayani satu atau beberapa segemen pelanggan.

2.      Value Proporsitions    : memecahkan ketika terjadi masalah pelanggan dan memuaskan kebutuhan pelanggan.

3.      Channels                     : penyampaian proposisi nilai sampai ke pelanggan melalui komunikasi, distribusi dan chanel penjualan.

4.      Customer Relation      : hubungan pelanggan ditetapkan dan dikelola bersama masing – masing segmen palanggan.

5.      Reveneu Streams        : arus pendapatan dihasilkan dari proposisi nilai yang ditawarkan kepada pelanggan.

6.      Key Resources            : aset – aset utama yang di perlukan untuk mendukung semua elemen blok sebelumnya

7.      Key Activities             : melakukan sejumlah aktivitas kunci

8.      Key Patnership            : beberapa aktivitas di outsource dan beberapa daya diperoleh dari luar perusahaan

9.      Cots – Structure          : elemen elemen model bisnis berpengaruh pada struktur biaya.

 

B.     PEMBAHASAN

a.       Langkah 1

Bisnis merupakan usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang kepariwisataan; akuakultur usaha budi daya air: para pengusaha yang berminat mengembangkan akuakultur di Indonesia menuntut berbagai kemudahan kepada pemerintah. (Menurut KBBI).

Dessert adalah hidangan yang disuguhkan di paling akhir dalam susunan menu yang berfungsi sebagai makanan penutup atau pencuci mulut karena fungsinya memang untuk menghilangkan kesan dari rasa hidangan terdahulu. Oreo yang merupakan bahan pendamping untuk melengkapi rasar Dessert tersebut.

 

b.      Langkah 2

Memasuki ke bagian blok.

Elemen 1 .

Pasar Cerukan

Sesuai dengan produk yang akan di perjual belikan kepada pelanggan yang spesifik seperti di senangi setiap  kalangan mulai dari anak – anak hingga lansia. Dengan model bisnis yang telah menargetkan segemen pelanggan secara terarah dan spesifik sehingga terspesialisasi.

(orang dewasa atau diterima disetiap kalangan )

 

 

 

Elemen 2

Valuer Proposition

Kustomisasi ( Customization)

Menggunakan elemen ini karena dengan menyesuaikan produk untuk memenuhi kebutuhan secara spesifik untuk pelanggan yang menikmati dessret oreo. Untuk menciptakan nilai cita rasa yang menarik sehingga memiliki konsep dengan pendekatan kepada penikmat dessret oreo.

Satu satu nya produk makanan penutup yang memiliki keunikan dalam rasa manis yang berbeda dan bentuk yang menarik dengan kualitas gizi yang tinggi dan standar kesehatan.

Elemen 3

Channel

Dalam bisnis ini menggunakan media massa yang digunakan untuk mempromosikan produk kepada masyarkat sekitar agar mengetahui produk Dessert oreo yang memiliki berbagai rasa dan bentuk dengan harga yang terjangkau. Sehingga memungkinkan perusahaan mengembangkan jangkauan dan mengambil manfaat dari kekutan mitra. Karena channel yang digunakan bersifat turun langsung kepada pelanggan untuk menarik perhatian.

( E- Commerce , media sosial dan iklan berbayar pada setiap website)

Elemen 4

Customer Relation

Kokreasi

Karna lebih fokus kepada pelanggan atau konsumen untuk menciptakan peluang untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dengan memberikan ulasan yang baik melibatkan pelanggan. Sehingga menggunakan inovatif dalam mendesain produk.

Melakukan bundling produk dengan buy one get one, program diskon dan gratis ongkir.

Elemen 5

Reveneu Streams

Periklanan (advertising)

Karena pada produk Dessert yang akan dipasarkan menggunakan periklanaan agar mudah sampai ke masyarakat dengan menggunakan media masa yang akan dikemas dengan keunikan. Dengan menggunakan harga mekanisme penetapan harga yang berdasarkan segmen pasar. Mengikuti harga berdasarkan tipe dan karakteristik segemen pasar mempermudah untuk bersaing secara sehat di pasar dan tidak merusak harga jual.

Penjualan produk makanan dessret oreo yang menarik di semua kalangan.

Elemen 6

Key Resources

Manusia (Human)

Dipergunakan sumber utama dalam proses pembuatan dessret oreo, yang membutuhkan sumber daya manusia dalam pembuatan produk. Modul bisnis yang tergantung pada sepasukan ilmuan berpengalaman dan jumlah tenaga penjualan yang besar dan terlatih.

Bahan alami, alat pengolahan bahan baku.

 

 

Elemen 7

Key Activities

Produksi (Physical)

Karna Dengan aktivitas ini terkait perancangan, pembuatan dan penyampaian produk dalam kualitas unggu. Aktivitas produksi mendominasi model bisnis preusahaan – perusahaan manufaktur.

Dengan kegiatan

Membeli bahan baku, melakukan packing, memasarkan produk secara online ataupun secara langsung, dan melakukan pengiriman ke ekspedisi.

Elemen 8

Key Patners

Optimisasi dan skala ekonomi ( optimization and economy of scale)

Karna dengan dasar kemitraan atau hubungan antara pembeli – pemasok dirancang untuk mengoptimalkan alokasi sumber daya dan aktivitas. dengan standar skala ekonomi kemitraan untuk mengurangi biaya produksi dengan kualitas yang optimal.

(Pt. si cepat untuk pengiriman jarak jauh, Gojek jika dalam antar kota atau wilayah, soppe food, dan pasar tradisional atau toko kue)

Elemen 9

Cost Structure

Biaya variabel

Karena sesuai dengan kebutuhan produksi produk secara proporsional sesuai dengan volume barang atau jasa yang dihasilkan.

( Biaya bahan baku, biaya kemasan, biaya marketing, biaya ekspedisi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.    PENTUTUP

Kesimpulan

Model bisnis kanvas digambarkan melalui 9 blok bangunan dasar yang menunjukan logika bagaimana sebuah perusahaan bermaksud untuk menghasilkan uang. Dengan 9  blok ini mencangkup 4 bida utama bisnis yaitu pelanggan, penawaranm infastruktur, dan kelayakan keuangan. BMC-2  dikelompokan ke dalam 2 kategori, yaitu feasibility dan viability. Feasibility merupakan elemen-elemen yang menentukan apakah suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan keuntungan, yang terdiri dari elemen sumber daya utama, aktivitas kunci, dan kemitraan utama. Viability merupakan elemen yang menentukan apakah suatu perusahaan dapat bertahan dalam jangka waktu panjang yang meliputi elemen struktur biaya dan arus pendapatan.

Dessert adalah hidangan yang disuguhkan di paling akhir dalam susunan menu yang berfungsi sebagai makanan penutup atau pencuci mulut karena fungsinya memang untuk menghilangkan kesan dari rasa hidangan terdahulu. Oreo yang merupakan bahan pendamping untuk melengkapi rasar Dessert tersebut.

 

Saran

Membuat bentuk produk yang menarik dengan berbagai rasa yang menarik untuk menarik perhatian pelanggan atau masyarakat yang akan menikmati dessret oreo.menggunakan bahan bahan yang mudah di cari dan dengan harga terjangkau sehingga saat melakukan menjualan tidak merusak harga pasar dan mudah dalam bersaing dengan lingkungan pasar dalam kegiatan jual beli.

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS ANALISA SWOT - SABUN -

🍰 OREO DESSERT CAKE 🍰