DESSRET OREO –
-
DESSRET OREO –
A. PENDAHULUAN
a.
Pengertian BMC
Business
model canvas merupakan gambaran hubungan antara keunggulan dan sumber daya yang
dimiliki oleh perusahaan, serta dalam kegiatan – kegiatan yang dilakukan untuk
mengakuisisi dan menciptakan nilai, yang membuat perusahaan mampu menghasilkan
laba. Didalam perushaan terdapat kombinasi dari produk, pelayanan, citra,
distfibusu, sumber daya serta infrastruktur. Kedepannya bisnis model akan
menjadi bahasa umum bagi para pelaku usaha dalam berinteraksi dengan mitranya
serta akan menjadi pedoman membangun keunggulan kompetitif sebuah bisnis. Pada
manfaat bisnis model tersebut adalah :
-
Berhubungan dengan komponen komponen yang
ada, model bisnis mempermudah para
perencana dan pengambilan keputusan di perusahaan untuk melihat hubungan logis
antara komponen – komponen dalam bisnisnya.
-
Model biasanya digunakan untuk membantuk
menguji konsistensi hubungan antar komponennya.
-
Model bisnis dapat digunakan untuk
membantu menguji pasar dan asumsi yang digunakan mengembangkan bisnis.
Model
bisnis kanvas digambarkan melalui 9 blok bangunan dasar yang menunjukan logika
bagaimana sebuah perusahaan bermaksud untuk menghasilkan uang. Dengan 9 blok ini mencangkup 4 bida utama bisnis yaitu
pelanggan, penawaranm infastruktur, dan kelayakan keuangan. BMC-2
dikelompokan ke dalam 2 kategori, yaitu feasibility dan
viability. Feasibility merupakan elemen-elemen yang menentukan apakah
suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan keuntungan,
yang terdiri dari elemen sumber daya utama, aktivitas kunci, dan kemitraan
utama. Viability merupakan elemen yang menentukan apakah suatu perusahaan dapat
bertahan dalam jangka waktu panjang yang meliputi elemen struktur biaya dan
arus pendapatan.
BMC 1 dan BMC 2 menjadi
fokus dari seorang wirausaha agar bisa membangun suatu usaha yang nantinya
dapat berjalan dengan lancar. Yang dimana usaha tersebut akan terus berjalan
memenuhu kebutuhan konsumen. perbedaan BMC 1 yaitu, memfokuskan bagi seorang
wirausaha yang baru dalam memulai suatu bisnis sedangkan BMC 2 yaitu, untuk
seorang wirausaha untuk terus menjalankan dan mempertahankan bisnis yang
dijalankan.
b.
Langkah – Langkah
Adapun
sembilan elemen seperti :
1.
Customer Segments : mengorganisasikan dan menentukan melayani satu atau beberapa
segemen pelanggan.
2.
Value Proporsitions : memecahkan ketika terjadi masalah pelanggan
dan memuaskan kebutuhan pelanggan.
3.
Channels :
penyampaian proposisi nilai sampai ke pelanggan melalui komunikasi, distribusi
dan chanel penjualan.
4.
Customer Relation : hubungan pelanggan ditetapkan dan dikelola bersama masing –
masing segmen palanggan.
5.
Reveneu Streams : arus pendapatan dihasilkan dari proposisi nilai yang
ditawarkan kepada pelanggan.
6.
Key Resources : aset – aset utama yang di perlukan untuk mendukung semua
elemen blok sebelumnya
7.
Key Activities : melakukan sejumlah aktivitas kunci
8.
Key Patnership : beberapa aktivitas di outsource dan beberapa daya
diperoleh dari luar perusahaan
9.
Cots – Structure : elemen elemen model bisnis berpengaruh pada struktur
biaya.
B. PEMBAHASAN
a.
Langkah 1
Bisnis
merupakan usaha
komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di
bidang kepariwisataan; akuakultur usaha budi daya air: para pengusaha yang
berminat mengembangkan akuakultur di Indonesia menuntut berbagai kemudahan
kepada pemerintah. (Menurut KBBI).
Dessert adalah hidangan yang disuguhkan di paling akhir dalam
susunan menu yang berfungsi sebagai makanan penutup atau pencuci mulut karena
fungsinya memang untuk menghilangkan kesan dari rasa hidangan terdahulu. Oreo
yang merupakan bahan pendamping untuk melengkapi rasar Dessert tersebut.
b.
Langkah 2
Memasuki ke bagian blok.
Elemen 1 .
Pasar Cerukan
Sesuai dengan produk
yang akan di perjual belikan kepada pelanggan yang spesifik seperti di senangi
setiap kalangan mulai dari anak – anak
hingga lansia. Dengan model bisnis yang telah menargetkan segemen pelanggan
secara terarah dan spesifik sehingga terspesialisasi.
(orang dewasa atau
diterima disetiap kalangan )
Elemen 2
Valuer Proposition
Kustomisasi (
Customization)
Menggunakan elemen ini
karena dengan menyesuaikan produk untuk memenuhi kebutuhan secara spesifik
untuk pelanggan yang menikmati dessret oreo. Untuk menciptakan nilai cita rasa
yang menarik sehingga memiliki konsep dengan pendekatan kepada penikmat dessret
oreo.
Satu satu nya produk
makanan penutup yang memiliki keunikan dalam rasa manis yang berbeda dan bentuk
yang menarik dengan kualitas gizi yang tinggi dan standar kesehatan.
Elemen 3
Channel
Dalam bisnis ini
menggunakan media massa yang digunakan untuk mempromosikan produk kepada
masyarkat sekitar agar mengetahui produk Dessert oreo yang memiliki berbagai
rasa dan bentuk dengan harga yang terjangkau. Sehingga memungkinkan perusahaan
mengembangkan jangkauan dan mengambil manfaat dari kekutan mitra. Karena
channel yang digunakan bersifat turun langsung kepada pelanggan untuk menarik
perhatian.
( E- Commerce , media
sosial dan iklan berbayar pada setiap website)
Elemen 4
Customer Relation
Kokreasi
Karna lebih fokus kepada
pelanggan atau konsumen untuk menciptakan peluang untuk lebih dikenal oleh
masyarakat luas. Dengan memberikan ulasan yang baik melibatkan pelanggan. Sehingga
menggunakan inovatif dalam mendesain produk.
Melakukan bundling
produk dengan buy one get one, program diskon dan gratis ongkir.
Elemen 5
Reveneu Streams
Periklanan (advertising)
Karena pada produk
Dessert yang akan dipasarkan menggunakan periklanaan agar mudah sampai ke
masyarakat dengan menggunakan media masa yang akan dikemas dengan keunikan.
Dengan menggunakan harga mekanisme penetapan harga yang berdasarkan segmen
pasar. Mengikuti harga berdasarkan tipe dan karakteristik segemen pasar
mempermudah untuk bersaing secara sehat di pasar dan tidak merusak harga jual.
Penjualan produk makanan
dessret oreo yang menarik di semua kalangan.
Elemen 6
Key Resources
Manusia (Human)
Dipergunakan sumber
utama dalam proses pembuatan dessret oreo, yang membutuhkan sumber daya manusia
dalam pembuatan produk. Modul bisnis yang tergantung pada sepasukan ilmuan
berpengalaman dan jumlah tenaga penjualan yang besar dan terlatih.
Bahan alami, alat pengolahan
bahan baku.
Elemen 7
Key Activities
Produksi (Physical)
Karna Dengan aktivitas
ini terkait perancangan, pembuatan dan penyampaian produk dalam kualitas unggu.
Aktivitas produksi mendominasi model bisnis preusahaan – perusahaan manufaktur.
Dengan kegiatan
Membeli bahan baku,
melakukan packing, memasarkan produk secara online ataupun secara langsung, dan
melakukan pengiriman ke ekspedisi.
Elemen 8
Key Patners
Optimisasi dan skala ekonomi
( optimization and economy of scale)
Karna dengan dasar kemitraan
atau hubungan antara pembeli – pemasok dirancang untuk mengoptimalkan alokasi
sumber daya dan aktivitas. dengan standar skala ekonomi kemitraan untuk
mengurangi biaya produksi dengan kualitas yang optimal.
(Pt. si cepat untuk
pengiriman jarak jauh, Gojek jika dalam antar kota atau wilayah, soppe food,
dan pasar tradisional atau toko kue)
Elemen 9
Cost Structure
Biaya variabel
Karena sesuai dengan
kebutuhan produksi produk secara proporsional sesuai dengan volume barang atau
jasa yang dihasilkan.
( Biaya bahan baku,
biaya kemasan, biaya marketing, biaya ekspedisi
C. PENTUTUP
Kesimpulan
Model
bisnis kanvas digambarkan melalui 9 blok bangunan dasar yang menunjukan logika
bagaimana sebuah perusahaan bermaksud untuk menghasilkan uang. Dengan 9 blok ini mencangkup 4 bida utama bisnis yaitu
pelanggan, penawaranm infastruktur, dan kelayakan keuangan. BMC-2
dikelompokan ke dalam 2 kategori, yaitu feasibility dan
viability. Feasibility merupakan elemen-elemen yang menentukan apakah
suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan keuntungan,
yang terdiri dari elemen sumber daya utama, aktivitas kunci, dan kemitraan
utama. Viability merupakan elemen yang menentukan apakah suatu perusahaan dapat
bertahan dalam jangka waktu panjang yang meliputi elemen struktur biaya dan
arus pendapatan.
Dessert adalah hidangan yang disuguhkan di paling akhir dalam
susunan menu yang berfungsi sebagai makanan penutup atau pencuci mulut karena
fungsinya memang untuk menghilangkan kesan dari rasa hidangan terdahulu. Oreo
yang merupakan bahan pendamping untuk melengkapi rasar Dessert tersebut.
Saran
Membuat bentuk produk
yang menarik dengan berbagai rasa yang menarik untuk menarik perhatian
pelanggan atau masyarakat yang akan menikmati dessret oreo.menggunakan bahan
bahan yang mudah di cari dan dengan harga terjangkau sehingga saat melakukan
menjualan tidak merusak harga pasar dan mudah dalam bersaing dengan lingkungan
pasar dalam kegiatan jual beli.
Komentar
Posting Komentar