🍰 OREO DESSERT CAKE 🍰

 

BISNIS PLAN

OREO DESSERT CAKE   🍰

A.    Ringkasan Eksekutif

Di era digital saat ini tentu sangatlah mudah untuk mencari berbagai macam hal yang sedang diminati dan banyak dibicarakan masyarakat. Salah satunya dalam hal kuliner dan yang sedang ramai saat ini adalah dessert atau makanan penutup. Produk dessert banyak digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya kalangan anak muda. Produk ini umumnya dibuat dengan bahan dasar susu dan dapat dinikmati pada berbagai kesempatan atau tidak terbatas pada acara tertentu saja. Seiring berkembangnya produk dessert di Indonesia, dessert tidak lagi hanya dinikmati sebagai makanan selingan atau sebagai makanan penutup. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya restoran maupun cafe yang menyediakan dessert sebagai menu pelengkap. Trend perkembangan dessert dapat menjadi sumber inspirasi peluang usaha yang menjanjikan karena telah memiliki trend dan pasar tersendiri di masyarakat bahkan telah menjadi lifestyle (Sitorus, 2015). 

Produk dessert yang banyak digemari saat ini adalah Oreo Cake, karena selain bahan untuk pembuatannya yang mudah ditemui juga oreo cake memiliki cita rasa yang sangat lezat menggunakan campuran susu dan oreo dalam pembuatannya.

Oreo cake merupakan dessert yang tidak hanya bisa dinikmati oleh kalangan muda saja, namun mulai dari anak-anak sampai orang tua maka dari itu untuk sasaran pasar sendiri adalah penduduk yang tinggal di dalam kota maupun luar kota terdekat, dengan menggunakan sistem online dan offline dengan cara melakukan pemesanan atau pre-order terlebih dahulu. Menimbang bahwa oreo cake ini adalah produk homemade dengan ketahanan 1 hari sampai 2 hari.

Untuk biaya pembuatan relative sedikit mengingat hanya bahan utama yaitu susu dan oreo saja dan biaya penunjang lainnya, produk ini juga mematok harga yang relative murah dengan menjamin rasa serta kualitas bahannya. Oreo dessert ini mengandung susu yang mengandung banyak kalsium yang bermanfaat untuk menguatkan tulang. Dessert ini juga terbuat dari agar – agar yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, karena serat yang terkandung di dalamnya. Salah satu fungsi serat adalah untuk membersihkan usus, dengan cara mempelancar metabolisme. Dengan lancarnya metabolisme, tubuh akan lebih bugar, sehat dan tidak mudah sakit

B.     Deskripsi Perusahaan

Produk Oreo Dessert Cake merupakan produk homemade yang diproduksi sendiri oleh penulis, dengan nama produk “Dessert”, meskipun produk rumahan tetapi tujuan pembuatan produk ini.

Adapun visi dan misi serta tujuan tersebut aadalah:

Visi:

Ø  Menciptakan usaha yang mudah diterima dan dinikmati masyarakat.

Ø  Menjual produk terbaik dengan harga terjangkau

            Misi:

Ø  Memberikan cita rasa yang terbaik

Ø  Memberikan pelayanan yang terbaik

Tujuan:

Ø  Menambah ilmu pengetahuan kewirausahaan

Ø  Mewujudkan dan mengasah kemampuan kewirausahaan

Ø  Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya

Ø  Dapat diandalkan dalam hal kewirausahaan dikalangan mahasiswa, keluarga, maupun masyarakat.

C.    Deskripsi Bisnis

Dalam hal ini penulis memproduksi Oreo Dessert Cake dengan berbagai varian rasa topping, dimana produk ini mempunyai peluang yang sangat besar jika dijadikan produk usaha, memiliki peminat yang cukup banyak dari berbagai kalangan usia. Varian rasa Oreo Dessert Cake sendiri memilki 5 macam varian rasayang terdiri dari:

1.      Oreo Original Desser Cake

2.      Oreo Red Velvet Dessert Cake

3.      Oreo Bluberry Dessert Cake

4.      Oreo Strawberry Dessert Cake

5.      Oreo Matcha Dessert Cake

Manfaat benefit daripada produk ini, bagi pengembang usaha sendiri dapat menciptakan produk yang diterima oleh masyarakat dan memperoleh keuntungan dari produk tersebut, sedangkan bagi konsumen dapat menikmati produk bercita rasa enak dengan harga terjangkau.

D.    Strategi Pemasaran

Seperti yang sudah dijelaskna bahwa produk Dessert banyak diminati saat ini dan memiliki peluang pasar yang cukup besar. Jadi dalam hal ini penulis menggunakan media online untuk memasarkan produk ini, melakukan promosi di sosial media, seperti instagram, facebook, twitter, dll. Selain melakukan promosi dalam media online juga melakukan promosi offline dengan mengguakan media banner, promosi ini cukup sederhana serta tidak memerlukan banyak biaya cukup dengan memasang banner didekat lokasi kita.

Selain itu melakukan berbagai strategi pemasaran seperti di atas, penulis jugga mempromosikan produk dengan menambah cabang baru guna memperluas jangkauan yang dimiliki, dengan harapan produk usaha ini lebih dikenal lagi oleh masyarakat. 

Selain dalam hal pemasaran juga pangsa untuk produk ini adalah dari kalangan semua usia, baik anak-anak, remaja, dewasa,maupun orang tua. Produk ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan karena mengandung berbagai kandungan gizi.

E.     Analisis Persaingan

Produk Oreo Dessert merupakan produk yang diminati saat ini dan memiliki peluang pasar yag cukup baik, maka tidak heran bahwa banyak pelaku usaha yang juga menjual produk ini. Melihat banyaknya pesaing pasar penulis tentu harus memberikan tampilan beda dari produk ini agar lebih diminatisalah satunya dengan memberikan berbagai macam rasa juga harga yang lebih terjangkau dari pelaku usaha lain.

Karena penulis berproduksi juga atas pesanan jadi tidak terlalu memperhatikan pesaing, juga karena dilingkungan kota penulis masih relative saedikit pesaing usaha ini. Yang perlu penulis tingkatkan adalah menciptakan berbagai inovasi yang harus terus dilakukan pada produk ini.

F.     Rencana Desain dan Pengembangan

Masyarakat saat ini lebih memilih makanan yang cenderung unik dan memilki tampilan yang berbeda tetapi tetap menomor satukan rasa. Kuliner yang menarik dan terlihat enak saat dipandang tentunya akan banyak dicari oleh masyarakat.

Maka dari itu saya memilih desain yang cukup unik dengan rasa yang enak tentunya dengan memberikan tambahan rasa yang tidak ada di pesaing usaha lain juga harga terjangkau agar memberikan nilai lebih dimata konsumen, selain itu menggunakan bahan-bahan terbaik dan pembuatan yang higienis akan memberikan nilai tambah. Sehingga pengembangan produk semakin baik, dan tingkat ciri khas produk kian hari dikenal.

G.    Rencana Operasi dan Manajemen

Sebagai awal dari pendirian suatu usaha hal yang pertama dilakukan adalah melakukan pengamatan langsung terhadap lingkungan sekitar kita. Tujuan dari dilakukannya pengamatan ligkungan sekitar adalah untuk mencari peluang usaha yang sekiranya nanti bisa berkembang dengan baik ke depannya. Dari hasil pengamatan di lingkungan sekitar didapatkan bahwa masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal penulis sangat gemar mengkonsumsi makanan ringan termasuk Dessert.

Setelah itu melakukan persiapan usaha, persiapan usaha yang dimaksud disini adalah mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha oreo dessert ini, termasuk di dalamnya adalah bagaimana merancang media promosi yang akan digunakan serta darimana dan berapa modal yang akan digunakan. Disini dalam hal modal usaha penulis menggunakan modal dari uang sediri tanpa bantuan dari lembaga lain.

Sebagai wirausahauan yang baik, penulis tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Penulis akan terus mencoba mempebaiki kualitas agra peminat atau konsumen puas atas oreo dessert cake ini, karena jika tidak seperti itu kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.

 

H.    Analisis Rencana Keuangan

Ø  Biaya perkiraan pengeluaran per-hari

Oreo

10 bungkus

120.000

Susu Cair

3 kotak

42.000

Tepung Terigu

1 kg

10.000

Gula

1 kg

12.000

Kemasan

50 box

35.000

 

 

 

Jumlah

219.000

Ø  Modal peralatan

Kompor gas

1 buah

450.000

Alat masak

1 buah

150.000

Gas lpg

1 buah

160.000

Peralatan dapur

4 buah

100.000

 

 

 

Jumlah

860.000

 

Ø  Modal awal

= Biaya variabel + biaya tetap

= Biaya bahan baku x 30 hari + biaya tetap

= 219.000 x 30 hari + 2.000.000

= Rp. 6.570.000 + 2.000.000

= Rp. 8.570.000

Ø  Hasil penjualan perbulan

= 50 box x 15.000 x 30 hari

= 22.500.000

Ø  Laba

= hasil penjualan – modal awal

= 22.500.000 – 8.570.000

= 13.930.000

I.       Kesimpulan

 

Menurut saya usaha ini akan berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Tujuan dari usaha ini diharapakan dapat melatih saya untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan khususnya untuk diri sendiri dan masyarakat sekitar. Dukungan dari semua pihak tentunya sangat dibutuhkan guna tercapainya usaha ini.

Demikian bisnis plan ini dibuat, penulis menyadari bahwa proposal yang penulis buat jauh dari kata sempurnaoleh karena itu diharapkan saran kritik yang membangun untuk kedepannya. Atas segala perhatiannya penulis sampaikan terimakasih.

Referensi

Sitorus, R. 2015. Gelato dan Sorbetto Booming, Tukang Es Krim Muncul di Pasar Santa. http://m.bisnis.com/entrepeneur/read/20150826/263/465972/gelato-sorbetto-bppmin-tukang-es-krim-muncul-di-pasar-santa


Tugas Pertemuan 12 Kewirahusahaan 

Nama     : Amalia Desta Ramanda 

Nim        :  20200311009

Kelas     : KJ022

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS ANALISA SWOT - SABUN -

DESSRET OREO –