🍰 OREO DESSERT CAKE 🍰
BISNIS PLAN
OREO DESSERT CAKE
A. Ringkasan Eksekutif
Di era digital saat ini tentu sangatlah mudah untuk
mencari berbagai macam hal yang sedang diminati dan banyak dibicarakan
masyarakat. Salah satunya dalam hal kuliner dan yang sedang ramai saat ini adalah
dessert atau makanan penutup. Produk dessert banyak digemari oleh
masyarakat Indonesia khususnya kalangan anak muda. Produk ini umumnya dibuat
dengan bahan dasar susu dan dapat dinikmati pada berbagai kesempatan atau tidak
terbatas pada acara tertentu saja. Seiring berkembangnya produk dessert di
Indonesia, dessert tidak lagi hanya dinikmati sebagai makanan selingan
atau sebagai makanan penutup. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya restoran
maupun cafe yang menyediakan dessert sebagai menu pelengkap. Trend
perkembangan dessert dapat menjadi sumber inspirasi peluang usaha yang
menjanjikan karena telah memiliki trend dan pasar tersendiri di masyarakat
bahkan telah menjadi lifestyle (Sitorus, 2015).
Produk dessert yang banyak digemari saat ini adalah Oreo
Cake, karena selain bahan untuk pembuatannya yang mudah ditemui juga oreo cake
memiliki cita rasa yang sangat lezat menggunakan campuran susu dan oreo dalam
pembuatannya.
Oreo cake merupakan dessert yang tidak hanya bisa
dinikmati oleh kalangan muda saja, namun mulai dari anak-anak sampai orang tua
maka dari itu untuk sasaran pasar sendiri adalah penduduk yang tinggal di dalam
kota maupun luar kota terdekat, dengan menggunakan sistem online dan offline
dengan cara melakukan pemesanan atau pre-order terlebih dahulu. Menimbang bahwa
oreo cake ini adalah produk homemade dengan ketahanan 1 hari sampai 2 hari.
Untuk biaya pembuatan relative sedikit mengingat hanya
bahan utama yaitu susu dan oreo saja dan biaya penunjang lainnya, produk ini
juga mematok harga yang relative murah dengan menjamin rasa serta kualitas
bahannya. Oreo dessert ini mengandung susu yang mengandung banyak kalsium yang
bermanfaat untuk menguatkan tulang. Dessert ini juga terbuat dari agar – agar
yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, karena serat yang terkandung di
dalamnya. Salah satu fungsi serat adalah untuk membersihkan usus, dengan cara
mempelancar metabolisme. Dengan lancarnya metabolisme, tubuh akan lebih bugar,
sehat dan tidak mudah sakit
B.
Deskripsi
Perusahaan
Produk Oreo Dessert Cake merupakan produk homemade
yang diproduksi sendiri oleh penulis, dengan nama produk “Dessert”, meskipun
produk rumahan tetapi tujuan pembuatan produk ini.
Adapun visi dan misi serta tujuan tersebut aadalah:
Visi:
Ø Menciptakan
usaha yang mudah diterima dan dinikmati masyarakat.
Ø Menjual
produk terbaik dengan harga terjangkau
Misi:
Ø Memberikan
cita rasa yang terbaik
Ø Memberikan
pelayanan yang terbaik
Tujuan:
Ø Menambah
ilmu pengetahuan kewirausahaan
Ø Mewujudkan
dan mengasah kemampuan kewirausahaan
Ø Memperoleh
keuntungan yang sebesar-besarnya
Ø Dapat
diandalkan dalam hal kewirausahaan dikalangan mahasiswa, keluarga, maupun
masyarakat.
C.
Deskripsi
Bisnis
Dalam hal ini penulis memproduksi Oreo Dessert Cake
dengan berbagai varian rasa topping, dimana produk ini mempunyai peluang yang
sangat besar jika dijadikan produk usaha, memiliki peminat yang cukup banyak
dari berbagai kalangan usia. Varian rasa Oreo Dessert Cake sendiri memilki 5
macam varian rasayang terdiri dari:
1. Oreo
Original Desser Cake
2. Oreo
Red Velvet Dessert Cake
3. Oreo
Bluberry Dessert Cake
4. Oreo
Strawberry Dessert Cake
5. Oreo
Matcha Dessert Cake
Manfaat benefit daripada produk ini, bagi pengembang
usaha sendiri dapat menciptakan produk yang diterima oleh masyarakat dan
memperoleh keuntungan dari produk tersebut, sedangkan bagi konsumen dapat
menikmati produk bercita rasa enak dengan harga terjangkau.
D.
Strategi
Pemasaran
Seperti yang sudah dijelaskna bahwa produk Dessert banyak
diminati saat ini dan memiliki peluang pasar yang cukup besar. Jadi dalam hal
ini penulis menggunakan media online untuk memasarkan produk ini, melakukan
promosi di sosial media, seperti instagram, facebook, twitter, dll. Selain
melakukan promosi dalam media online juga melakukan promosi offline dengan
mengguakan media banner, promosi ini cukup sederhana serta tidak memerlukan
banyak biaya cukup dengan memasang banner didekat lokasi kita.
Selain itu melakukan berbagai strategi pemasaran
seperti di atas, penulis jugga mempromosikan produk dengan menambah cabang baru
guna memperluas jangkauan yang dimiliki, dengan harapan produk usaha ini lebih
dikenal lagi oleh masyarakat.
Selain dalam hal pemasaran juga pangsa untuk produk
ini adalah dari kalangan semua usia, baik anak-anak, remaja, dewasa,maupun
orang tua. Produk ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan karena mengandung
berbagai kandungan gizi.
E.
Analisis
Persaingan
Produk Oreo Dessert merupakan produk yang diminati
saat ini dan memiliki peluang pasar yag cukup baik, maka tidak heran bahwa
banyak pelaku usaha yang juga menjual produk ini. Melihat banyaknya pesaing
pasar penulis tentu harus memberikan tampilan beda dari produk ini agar lebih
diminatisalah satunya dengan memberikan berbagai macam rasa juga harga yang
lebih terjangkau dari pelaku usaha lain.
Karena penulis berproduksi juga atas pesanan jadi
tidak terlalu memperhatikan pesaing, juga karena dilingkungan kota penulis
masih relative saedikit pesaing usaha ini. Yang perlu penulis tingkatkan adalah
menciptakan berbagai inovasi yang harus terus dilakukan pada produk ini.
F.
Rencana
Desain dan Pengembangan
Masyarakat saat ini lebih memilih makanan yang
cenderung unik dan memilki tampilan yang berbeda tetapi tetap menomor satukan
rasa. Kuliner yang menarik dan terlihat enak saat dipandang tentunya akan
banyak dicari oleh masyarakat.
Maka dari itu saya memilih desain yang cukup unik
dengan rasa yang enak tentunya dengan memberikan tambahan rasa yang tidak ada
di pesaing usaha lain juga harga terjangkau agar memberikan nilai lebih dimata
konsumen, selain itu menggunakan bahan-bahan terbaik dan pembuatan yang
higienis akan memberikan nilai tambah. Sehingga pengembangan produk semakin
baik, dan tingkat ciri khas produk kian hari dikenal.
G.
Rencana
Operasi dan Manajemen
Sebagai awal dari pendirian suatu usaha hal yang pertama
dilakukan adalah melakukan pengamatan langsung terhadap lingkungan sekitar
kita. Tujuan dari dilakukannya pengamatan ligkungan sekitar adalah untuk
mencari peluang usaha yang sekiranya nanti bisa berkembang dengan baik ke
depannya. Dari hasil pengamatan di lingkungan sekitar didapatkan bahwa
masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal penulis sangat gemar
mengkonsumsi makanan ringan termasuk Dessert.
Setelah itu
melakukan persiapan usaha, persiapan usaha yang dimaksud disini adalah
mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha oreo
dessert ini, termasuk di dalamnya adalah bagaimana merancang media promosi
yang akan digunakan serta darimana dan berapa modal yang akan digunakan. Disini
dalam hal modal usaha penulis menggunakan modal dari uang sediri tanpa bantuan
dari lembaga lain.
Sebagai
wirausahauan yang baik, penulis tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara
mendatar. Penulis akan terus mencoba mempebaiki kualitas agra peminat atau
konsumen puas atas oreo dessert cake ini, karena jika tidak seperti itu
kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.
H.
Analisis
Rencana Keuangan
Ø Biaya
perkiraan pengeluaran per-hari
Oreo
|
10
bungkus |
120.000 |
Susu
Cair |
3
kotak |
42.000 |
Tepung
Terigu |
1
kg |
10.000 |
Gula |
1
kg |
12.000 |
Kemasan
|
50
box |
35.000 |
|
|
|
Jumlah |
219.000 |
Ø Modal
peralatan
Kompor gas |
1 buah |
450.000 |
Alat masak |
1 buah |
150.000 |
Gas lpg |
1 buah |
160.000 |
Peralatan dapur |
4 buah |
100.000 |
|
|
|
Jumlah |
860.000 |
Ø Modal
awal
= Biaya variabel + biaya
tetap
= Biaya bahan baku x 30
hari + biaya tetap
= 219.000 x 30 hari +
2.000.000
= Rp. 6.570.000 +
2.000.000
= Rp. 8.570.000
Ø Hasil
penjualan perbulan
= 50 box x 15.000 x 30
hari
= 22.500.000
Ø Laba
= hasil penjualan – modal
awal
= 22.500.000 – 8.570.000
= 13.930.000
I.
Kesimpulan
Menurut saya usaha ini akan berkembang dan akan
mencapai keberhasilan. Tujuan dari usaha ini diharapakan dapat melatih saya
untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan khususnya untuk diri sendiri dan
masyarakat sekitar. Dukungan dari semua pihak tentunya sangat dibutuhkan guna
tercapainya usaha ini.
Demikian bisnis plan ini dibuat, penulis menyadari
bahwa proposal yang penulis buat jauh dari kata sempurnaoleh karena itu
diharapkan saran kritik yang membangun untuk kedepannya. Atas segala
perhatiannya penulis sampaikan terimakasih.
Referensi
Sitorus, R. 2015. Gelato dan Sorbetto Booming, Tukang Es Krim Muncul di Pasar Santa. http://m.bisnis.com/entrepeneur/read/20150826/263/465972/gelato-sorbetto-bppmin-tukang-es-krim-muncul-di-pasar-santa
Tugas Pertemuan 12 Kewirahusahaan
Nama : Amalia Desta Ramanda
Nim : 20200311009
Kelas : KJ022
Komentar
Posting Komentar